Upacara HUT RI Ke-72 Ala Santri Belantas Mano’an

0
754

Beritana.com Bangkalan – Sedikitnya Puluhan santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Assalafy II, Belantas Mano’an Kokop, Kabupaten Bangkalan, melaksanakan upacara memperingati HUT kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8). Menariknya, dalam upacara ini seluruh santri mengenakan sarung, baju putih, berpeci putih, dan bersandal ciri santri pondok pesantren, santriwati seperti biasa menggunakan krudung dan pakaian khas pesantren.

Meski bersarung, prosesi upacara Puluhan santri di pesantren ini tetap berjalan khidmat.

“Ini dikhususkan santriwan/Santrwati Pondok Pesantren Miftahul Ulum Assalafy II Untuk upacara HUT kemerdekaan. Semua bersarung mengenakan kemeja putih, berpeci dan memakai sandal,” kata Ahmadi, juru bicara Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

Dalam upacara ini ada beberapa hal yang disampaikan Pembina upcara yaitu menekankan arti menumbuhkan cinta terhadap NKRI, serta santri dalam membangun keberlangsungan NKRI.

“Sesuai tema HUT Kemerdekaan RI ke-72 yakni gerakan nasional Indonesia Kerja Bersama kami sebagai santri pesantren otomatis kewajiban kita adalah belajar dan mengajar, dan membentuk pribadi-pribadi yang berakhlakul karimah. Generasi-generasi yang memiliki akhlak, cinta Indonesia, dan memiliki darah NKRI harga mati dan anti radikalisme,” Ujar Ust Da’ie.

Santriwan/wati ikut berkumpul di PP Miftahul Ulum Assalafi II Semua tumpah ruah di halaman pondok dengan khidmat hingga upacara selesai dan khidmad, Meskipun pesantren  ini salah satu kesadaran yang patut di ajungi jempol, karena dulu kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari kiai dan santri.