Tradisi Toron orang Madura Menjelang Idul Adha Padati Suramadu

0
413
Tradisi toron orang Madura Menjelang Idul Adha
Tradisi toron orang Madura Menjelang Idul Adha

Beritana.com, Bangkalan – H-1 Hari Raya Idul Adha yang akan dirayakan pada Jumat (31/8), para perantau mulai memadati Jembatan Suramadu, yang menghubungkan Madura dan Surabaya.

Pengelola Jembatan Suramadu tak menyebutkan secara rinci berapa jumlah Kendaraan yang melewati Suramadu Kamis (31/8).

Warga yang memadati Jembatan Suramadu ini berasal dari 4 Kabupaten yang berada di Madura.

“Sudah tradisi saja, ya tradisinya masyarakat Madura seperti itu. Saya lakuin ini dari pertama kali saya merantau ke Gresik” ucap Agus Salah satu pemudik asal Bangkalan.

Menurutnya terasa ada yang kurang jika dia tidak pulang ke kampung halaman saat libur Idul Adha. Meskipun pada lebaran Idul Fitri sudah mudik, Agus tetap mudik pada Idul Adha.

“Tradisi Toron mas namanya, kalo di Madura itu lebaran idul adha dan idul fitri sama-sama ramai. Makanya sayang banget kalau saya idul adha tahun ini enggak mudik ke Madura,” imbuh pria asal Bangkalan ini.

Adapun tradisi yang dimaksud Agus tersebut adalah tradisi Toron atau tradisi pulang kampung. Budaya toron ini masih kental di sejumlah daerah wilayah Madura. Mereka merasa tidak afdol jika hari lebaran Idul adha tidak pulang dan berkumpul dengan sanak family.

Tradisi perayaan Idul adha bagi masyarakat Madura pun juga identik dengan hari raya ketupat, sehingga banyak masyarakat yang mengadakan syukuran sebagai tanda hari kemenangan kedua.