Beritana.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyentil dua pelabuhan besar yang belum memperbaiki waktu bongkat muat atau dwell time, di tengah upaya keras pemerintah yg tengah menekan ongkos logistik

Dua pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yang dikelola Pelindo III dan Pelabuhan Belawan, Medan, yang berada di bawah pengelolaan Pelindo I.

“Di Jakarta (Tanjung Priok) sudah lumayan baik, dari 3,7 hari jadi 2,5 hari. Tapi pelabuhan lain, 2 tempat masih memperihatinkan. Pelabuhan Tanjung Perak masih 6 hari, Pelabuhan Belawan lebih dari itu. 2 tempat itu masih memperihatinkan,” kata Budi, saat acara peresmian Pengoperasian Terminal Petikemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia menjelaskan, dwell time untuk Pelabuhan Tanjung Perak sendiri saat ini tercatat 6 hari. Sementara untuk Pelabuhan Belawan masa bongkar muatnya mencapai 8 hari. Dwell time ini jauh tertinggal ketimbang Tanjung Priok yang saat dwell time-nya selama 2,5 hari.

Dalam kesempatan tersebut, Budi karya sumadi menyampaikan meskipun memiliki banyak pelabuhan besar, Indonesia belum bisa menjadi pelabuhan transit dari kapal-kapal internasional.

“Hal lain yang kita perlu tahu, pelabuhan besar kaya Belawan, Perak, Makassar, dan Tanjung Priok, belum bisa dijadikan sebagai pemain level hub,” ujarnya.